Jumat, 09 Januari 2015

Semalam Di Yogyakarta #1

MUSEUM DIRGANTARA MANDALA, YOGYAKARTA

Tak terasa sudah lama nggak tengok-tengok blog, hehehe... kalo udah sampai rumah, bawaannya cuma pengen tiduran aja, maklum di sekolahan ngurusin sekian banyak anak, tau sendiri urus anak-anak balita bukan main capeknya. Nggak harus pergi ke hutan atau ikut aneka olahraga yang ekstrem, bagi saya tiap hari adalah sebuah petualangan bagi saya. Every day is an adventure.

Kali ini saya mau cerita tentang liburan kami di yogyakarta. Sebenarnya liburan ini tidak sepenuhnya direncanakan. Ceritanya, TK anak kami mengadakan wisata ke Yogyakarta, mengunjungi beberapa tempat wisata edukatif di sana. Berhubung Solo dan Yogya tidak terlalu jauh, kami minta si ayah untuk menyusul ke sana dan berencana menginap di sana barang semalam, beruntung si ayah bersedia, tentunya setelah menyelesaikan beberapa pekerjaan terlebih dahulu.
Rombongan kami berangkat dengan menggunakan bis yang berjalan santai, dan dengan sekali berhenti untuk anak-anak yang pengen pipis, perjalanan Solo-Yogya kami tempuh selama sekitar 2 jam.

"Museum Dirgantara"

Museum ini adalah tujuan pertama sekolah anak kami. Beralamat di Jl. kol. Sugiyono, kompleks lanud Adi Sucipto. Museum Dirgantara Mandala ini merupakan museum yang digagas oleh TNI AU, sehingga tidak heran bila isinya memang tentang sejarah angkatan udara Indonesia. Kalo datang pas masa-masa menjelang liburan atau saat liburan, seperti kami, dijamin, ruame pol... antri masuknya panjang buanget, belum lagi parkiran yang penuh. beruntungnya di sini area parkirnya sangat luas. Tiket masuk bersama rombongan, dengan seorang pemandu, kalo nggak salah Rp 6000,- . Sebelum mulai tur museum, bagi kami yang membawa kamera, handphone berkamera atau segala sesuatu yang bisa digunakan untuk memotret, harus membayar retribusi Rp 1000,-.
                     Inilah seninya kalo berkunjung pada masa jeda atau liburan sekolah. antri........ hehehe...

Memasuki aula, rombongan kami dipandu oleh ibu pemandu yang menerangkan tiap bagian museum. Namun sayang, dikarenakan ramai (maklum anak-anak TK beserta ibunya), masih ditambah dengan banyaknya rombongan sekolah lain (SD-SMU), maka suara bu pemandu tidak terlalu jelas terdengar. Ruangan aula juga terasa pengap dan panas.


 
                                                  Bu guru sampai bercucuran keringat, hihihi.....








Berdesak-desakan sudah, kini saatnya narsis sendiri boleh dong... hehehe.....


 Dahulu mobil perang AU kita. Ini anaknya yang imut atau mobilnya yang raksasa ya..?







Di dalam museum ada banyak diorama dan berbagai benda-benda bersejarah

 
Ada banyak pesawat dan peralatan perang di hanggar pamer, ini salah satunya

Mengisi liburan dengan mengunjungi berbagai museum memang sangat bermanfaat bagi kita dan anak-anak kita. Jadi bila anda memiliki kesempatan untuk berlibur dengan keluarga, di manapun, bila di daerah tersebut terdapat museum, maka sempatkan untuk mengunjunginya. Topik saya selanjutnya juga masih akan mengulas museum, tunggu ya.














Tidak ada komentar: